Bahaya Tepung Terigu

Bangun pagi dan langsung bersin-bersin benar-benar mencoreng keindahan hari baru. Ya, sejak lama aku memang bagitu, pilek setiap pagi. Pokoknya hidup terasa susah setiap bangun pagi. Awalnya kukira itu gara-gara cuaca pagi Bandung yang sangat  dingin. Malah aku sering melihat kabut terjun di jalanan. Tapi walaupun aku memakai jaket, tetap saja hidung ini selalu gatal.

Suatu hari Mamaku menceritakan tentang bahaya tepung terigu yang mungkin berakibat ke pilekku. Tepung terigu itu mengangung gluten (semacam zat mirip lem) yang sulit dicerna tubuh sehingga mengendap di usus sehingga menghalangi penyerapan nutrisi. Dan memang benar, gluten itu membuat pilek-pilek!

Aku pun kebingunan. Kalau tidak boleh memakai tepung terigu, berarti aku harus mengatakan good bye ke kue bolu, bala-bala, tempe-tahu selimut, pisang goreng, dan banyak lagi?!

Oh tidaaak! Apakah hidupku memang ditakdirkan semenderita itu? Hehe…

Akhirnya suatu saat Tante Ima datang ke rumahku dan menceritakan tentang Tepung Campur sebagai pengganti tepung terigu. Caranya adalah campurkan Tepung Beras 700 g+Tepung Aci/Kanji 200 g+Tepung Maizena 100 g.  Diaduk, ayak, lalu masukkan ke plastik.

Dan kemarin, aku mencoba membuat kue bolu dengan tepung campur tersebut. Hmm… ternyata enak juga, ya. Memang teksturnya lebih kasar dari tepung terigu tapi tetap enak, kok. Dan juga bolu tepung campur ini tidak begitu cepat membuat kenyang dibanding bolu dengan tepung terigu.

 

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Mantap!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s